Sunday, May 5, 2013

Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV

STAND UP COMEDY INDONESIA adalah program pencarian bakat stand up comedy pertama di Indonesia. Program acara ini disiarkan oleh Kompas TV, salah satu stasiun televisi baru di Indonesia. Program kompetisi ini menampilkan komedian tunggal yang memamerkan bakat melucunya. Penilaian pemenang dan eliminasi peserta dari penilaian langsung para juri, bukan survei SMS. Program ini telah memasuki season ke-3 yang babak grand finalnya berlangsung tadi malam yang menghasilkan Babe, asal Medan sebagai juara mengalahkan Fico, pria besar absurd. Acara ini dibawakan oleh Pandji Pragiwaksono dengan didampingi juara dari SUCI season sebelumnya. Adapun juara dari SUCI 1 adalah Ryan Adriandi dan SUCI 2 adalah Ge Pamungkas.

Menurut saya, SUCI adalah program komedi yang sangat lucu dan menghibur dengan humor-humor yang cerdas dan mendidik, jauh lebih lucu dari humor slapstick.

Sebenarnya sangat sulit membuat orang tertawa dari lelucon yang diceritakan secara monolog, namun para comicus (sebutan untuk peserta SUCI) seakan sangat mudah melakukannya. Dengan teknik tertentu dan khas para comicus, hadirin yang menyaksikan acara ini dijamin akan tertawa terpingkal-pingkal. Lihat saja gaya Fico saat muncul ke panggung dengan gaya tololnya, berdiri saja tanpa harus berbicara sepatah kata pun telah membuat saya menahan ledakan tawa, kata pertama yang keluar dari mulutnya "Assalamualaikum" dengan mimik muka dan intonasi khas Fico membuat saya tertawa lepas, jawaban salam Fico terlupakan. Kalimat selanjutnya yang keluar dari mulut Fico tak ayal membuat tertawa makin menjadi-jadi.

Kadang, kritik sosial muncul dari lelucon comicus, membuat otak sedikit berputar untuk mencoba mencerna pesan dan kelucuannya. Disinilah dilihat tingkat kecerdasan penikmat SUCI, makin cepat tertawa makin cerdas. Itulah yang membuat saya suka dengan komedi seperti ini, cerdas dan mendidik.

Beda dengan humor slapstick yang memprioritaskan memberi lelucon dengan gerakan tubuh yang kasar dan menyakiti. Lihat saja humor macam OVJ atau Fesbukers yang membuat ketawa dengan mendorong lawan main hingga jatuh merusak property buatan, atau memberi pantun dengan memberi hukuman berupa menyiram lawan main dengan bedak. Atau mengolok-olok kekurangan lawan main, sungguh kasar. Namun ada juga yang ketawa menyaksikan komedi seperti ini, walaupun dipancing dengan ketawa buatan.

Terakhir, selamat buat Babe yang jadi juara SUCI 3, wow wow, asudahlah....

No comments:

Post a Comment